Senin, 18 Januari 2016

0 diary part#19 (Aturan 10.000 Jam)


Adalah Andres Ericsson dkk yang telah menemukan teori “10.000 jam” yang dibutuhkan seseorang untuk menjadi ekspert atau ahli dalam suatu bidang.

Hasil yang didapat dari penelitian di “academy music” membuktikan bahwa orang yang berlatih “mengasah” kemampuannya selama 10.000 jam dapat dipastikan menjadi ekspert.

Secara umum, di Eropa orang mengalokasikan 3 jam/hari untuk berlatih mengasah kemampuannya, dan jika dijadikan tahun, maka dibutuhkan waktu 10 tahun untuk menjadi “The Real Expert”.

Siapa contohnya???
The Beatles dalam waktu 10 tahun mampu menjadi band papan atas yang namanya harum hingga kini.

Bill Gates dalam waktu 7 tahun mampu menjadi ahli pemrograman di usia 20 tahun !! Kenapa bisa 7 tahun?
Ya, karena sejak usia 13 tahun, dia mengasah kemampuannya sehari bisa sampai 5-7 jam !! sehingga dia bisa mencapai 10.000 jam nya lebih cepat !!

Point :
Jika ada orang yang bertanya, “saya sudah 15 tahun kerja sebagai editor di perusahaan X, kok belum bisa ekspert?”

Ya, karena kegiatan “mengasah kemampuan” yang dimaksud bukanlah hanya sekedar rutinitas saja, namun dari hari kehari selalu ada “langkah menuju ilmu dan skill” baru untuk menju ekspert.

Saya benar-benar malu saat membaca “pengetahuan ini”, karena apalah yang sudah dilalui dalam hidup ternyata belum memiliki tujuan “mencapai” nilai MENUJU EXPERT !!

So,
Ayo segera temukan “tujuan” kita mau jadi “ekspert” di bidang apa?? Dan “asah” sekarang juga !!! segera capai 10.000 jam mu.


0 komentar:

Posting Komentar