Minggu, 11 Agustus 2013

0 @kataislamibijak


Allah melapangkan rizki kepada siapa yang Dia kehendaki dan membatasi (bagi siapa yang Dia kehendaki). [QS ar-Ra'du:26]

Sebagaimana mudah bagi Allah tuk memberikan kepada kita, demikian pula mudah bagiNya mengambil seluruhnya dalam sekejap.

Jika keluar dari rumahmu, maka shalatlah 2 raka’at yang dengan ini akan menghalangimu dari kejelekan yang berada di luar rumah ( Al Bazzar)

YabAllah, Engkau pelindungku di dunia dan akhirat, wafatkan aku dalam keadaan islam dan pertemukan aku dengan orang-2 shalih (QS. Yusuf:101)

“Sesungguhnya Kami-lah yang menurunkan Al-Qur`an, dan sesungguhnya Kami benar-benar memeliharanya.” [Al-Hijr: 9]

Sesungguhnya apabila seseorang terlilit hutang, jika dia berbicara biasanya berdusta. & jika dia berjanji, maka biasanya diingkari (Bukhari)

“Jika jiwa itu adalah jiwa yang besar, jasad akan letih menuruti kemauannya.” [Syair Abuth Thayyib Al-Mutanabbi]

“Ubahlah uban ini dengan sesuatu, tetapi hindarilah warna hitam” [HR. Muslim]

Di akhir zaman akan muncul suatu kaum yg bersemir dgn warna hitam seperti tembolok merpati. Mereka tdk akan mencium bau surga. (Abu Dawud)

Dan Allah mengetahui, sedang, kamu tidak mengetahui. (QS. an-Nur: 19).

“Jauhilah Syuhh (kikir yang sangat), sesungguhnya syuhh membinasakan orang-orang sebelum kalian." (HR Abu Dawud)

“Siapa yang menyeret kainnya karena sombong maka Allah tidak akan melihat kepadanya pada hari kiamat.” (HR Bukhari dan Muslim).

“Ya Allah, Engkau Mahasejahtera, dan dari-Mu kesejahteraan. Mahaberkah Engkau, wahai Rabb pemilik keagungan dan kemuliaan." (Muslim no. 591)

Ibnul Jauzi: air mata penyesalan atas dosa yang jatuh di pipi, adalah kehidupan bagi hati.

Mu’adz berkata, “Hai Abdullah, bagaimanakah cara engkau membaca al-Qur’an?” Abu Musa Ra :, “Aku secara rutin membacanya setiap waktu.”

“Kaya bukanlah diukur dengan banyaknya kemewahan dunia. Namun kaya (ghina’) adalah hati yang selalu merasa cukup.” (HR. Bukhari no. 6446)

“Sesungguhnya Allah mengharamkan bagi neraka orang yang mengucapkan Laa Ilaaha Illallah dengan mengharap wajah Allah semata.” (HR. Bukhari)

“Tentang sesuatu apapun kamu berselisih, maka putusannya (dikembalikan) kepada Allah.” (QS. Asy Syura: 10).

Ibnul Qayyim rahimahullah berkata, “Pagi hari bagi seseorang itu seperti waktu muda dan akhir harinya seperti waktu tuanya.”

“Hati-hatilah dari perbuatan zalim. Sesungguhnya kezaliman itu adalah kegelapan yang sangat gelap di hari kiamat”. HR. Muslim

“Sesungguhnya Allah memaafkan umatku yang tersilap, lupa dan sesuatu yang dipaksakan terhadap mereka.” (H.R Ibnu Majah)
“Sesungguhnya masa muda, waktu luang, dan kesehatan, bisa merusak seseorang dengan kerusakan yang sangat parah.”

Pada hari (ketika), lidah, tangan dan kaki mereka menjadi saksi atas mereka terhadap apa yang dahulu mereka kerjakan. (QS An-Nuur : 24)

“Dan para malaikat malam dan malaikat siang berkumpul pada shalat fajar (subuh).” (HR. Bukhari no. 137 dan Muslim no.632)

JUJUR dalam transaksi jual beli sebab datangnya keberkahan rezeki Allah. Demikian sebaliknya, DUSTA akan menghilangkan keberkahan rezeki.

Ibrahim bin Adham:Siapa yg menjaga perutnya, dia bisa menjaga agamanya. Siapa yg bisa menguasai laparnya, dia akan menguasai akhlak terpuji

Sabarkanlah dirimu bersama orang-orang yang berdoa kepada Allah, pada waktu pagi dan petang, menginginkan wajah-Nya [al-Kahfi: 28]

"Bertakwalah kalian kepada Allah semaksimal kemampuan kalian." (QS. At Taghabun:16)

Shalat para Awwabin/dhuha adalah ketika anak onta mulai kepanasan. (Muslim) dhuha 10 menit setelah terbit sd 15 menit sebelum waktu dhuhur.

“Berdoalah kepadaKu, Aku akan kabulkan doa kalian. (QS. Ghafir: 60)

“Seorang hamba berada paling dekat dengan Rabb-nya ialah ketika ia sedang bersujud. Maka perbanyaklah berdoa ketika itu” (HR Muslim no 482)

Sesungguhnya shalat subuh itu disaksikan (oleh malaikat).” (QS. Al-Baqarah: 78)
“Apabila sebuah urusan diserahkan kepada yang bukan ahlinya maka tunggulah kehancuran.” (HR. Al Bukhari)

Imam Syafi’i: Aku mendambakan, andai semua manusia mempelajari ilmu ilmuku ini, walaupun tiada satupun yang mereka akui sebagai ilmuku

“Apabila kamu hendak mendatangi tempat tidurmu, maka berwudhulah sebagaimana kamu berwudhu untuk shalat “ (Bukhari)

Barangsiapa takut Api neraka dan rindu kpd Allah dan SurgaNya maka akan ringan kakinya dalam melangkah menuju kpd kebaikan

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam apabila ada perkara yang menyusahkan, beliau segera shalat.” (Abu Dawud)

Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku (Q.S. Al Baqarah: 186)

“Dan musibah apapun yang menimpamu, maka itu adalah akibat dari ulah tanganmu sendiri.” (As Syura: 30).

Agar mereka menanggung dosa-2 mereka secara sempurna pada hari kiamat, dan juga dosa orang-2 yg mereka sesatkan tanpa ilmu. (QS an Nahl:25)

Manusia yg paling berbahagia dengan syafa’atku di hari kiamat adl org yg ucapkan “Laa ilaaha illallah” ikhlas dari lubuk hatinya. (Bukhari)
“Syaitan menjanjikan (menakut-nakuti) kamu dengan kemiskinan dan menyuruh kamu berbuat kejahatan (kikir). .. [al-Baqarah/2 : 268]

"Ya Tuhanku,lapangkanlah untukku dadaku dan mudahkanlah untukku urusanku" (QS. Thaha:25-26)
“Sesungguhnya amal-amal kebaikan itu akan menghapuskan dosa-dosa.” (Qs. Huud [11]: 114)
Janganlah menjadikan rumah-rumah kalian pekuburan, sesungguhnya syetan lari dari rumah yang dibacakan di dalamnya surat Al-Baqarah. (Muslim)

Biasakanlah membaca Qur’an, Demi Allah yang nyawaku ditanganNya, hafalan Qur’an lebih mudah lepas dari seekor onta dari ikatannya. [Bukhari]

Al-asih Isa bin Maryam hanyalah utusan Allah. Sudah ada banyak utusan2 sebelumnya. Sementara ibunya adl wanita yg jujur. (QS. Al-Maidah:75)

Lain waktu, undang untuk sholat jum'at teman anda yang mengundang anda untuk ikut natalan. “Bagimu agamamu, bagiku agamaku” (QS AlKafirun:6)

jika telah tiba waktu kematian, tidak akan bisa mereka mengundurkannya ataupun mempercepat, meskipun hanya sesaat” (QS. Al A’raf :34)

Prumpamaan rumah yg disebut nama Allah di dalamnya & rumah yg tdk disebut nama Allah di dalamnya, sperti perumpamaan org hidup &mati Bukhari

“Dan janganlah kamu menjerumuskan diri kamu kedalam kebinasaan.” [QS. Al Baqarah:195].

Orang yang paling lemah adalah yang lemah malas berdo’a dan orang yang paling kikir adalah yang kikir dalam bersalam. (HR Abu Ya’la-Shahih)

Sekiranya mereka mengetahui keutamaan keduanya (Isya’& subuh), niscaya mereka akan mendatanginya sekalipun harus dengan merangkak (Bukhari)

Ya Rabb kami, Sesungguhnya Engkau Maha Penyantun lagi Maha Penyayang (QS 59:10)

“Dan janganlah kamu menjerumuskan diri kamu kedalam kebinasaan.” [QS. Al Baqarah:195].

“Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram. [Ar-Ra’d: 28]

IMAM SYAFI’I: Di dalam ilmu, terdapat kehidupan untuk hati penuntutnya, sebagaimana bumi menjadi hidup ketika hujan menyiraminya
Wahai penghuni rumah yang penuh dengan hiasan… Kematian akan memindahkan tempat tinggalmu ke dalam perut kuburan
“Di antara kebaikan islam seseorang adalah meninggalkan hal yang tidak bermanfaat” (HR. Tirmidzi no. 2317 )

Barangsiapa membaca Ayat Kursi setiap selesai shalat, maka tidak ada yg dapat menghalanginya masuk surga kecuali jika dia mati. (HR Nasaa’i)

“Barangsiapa mengucapkan: “Subhanallah wa bihamdihi” dlm sehari 100x dihapuskan dosa-dosanya walaupun sperti buih dilautan” (HR Bukhari)

“Dan pada sebagian dari malam, maka sujudlah kepada-Nya dan bertasbihlah kepada-Nya pada bagian yang panjang dimalam hari.” (QS Al Insan:26)

“Dan hendaklah kalian saling tolong menolong di atas kebaikan n ketakwaan.” (QS. Al-Maidah: 2).

Tidak Boleh bagi seorang wanita utk berpuasa sementara sementara suaminya ada di rumah, kecuai dgn seizinnya. (HR. Al-Bukhari no. 5195)

Bacalah Al Qur`an! Krn Al Qur`an akan datang pada hari kiamat sbgai pemberi syafa’at bg pembaca & pengamalnya. (HR Muslim)

“jika Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam tertimpa suatu perkara yang berat maka beliau melakukan shalat“[Abu Dawud Hasan]

”Siapa yang merusak hubungan seorang wanita dengan suaminya maka dia bukan bagian dariku.” (HR. Ahmad 9157)

”Ada dua kenikmatan yang banyak manusia tertipu, yaitu nikmat sehat & waktu senggang”. (HR. Bukhari no. 6412, dari Ibnu ‘Abbas)

“Berdermalah, janganlah engkau menahan diri, dimana akibatnya Allah akan memutus (berkah) darimu”. [Bukhari]

Nuh, setelah banjir bandang, hanya orang di kapal Nuh yang selamat. Namun tidak ada satupun yang berketurunan, selain Nuh ‘alaihis salam.

Syits putra Adam. Beliau satu-satunya putra Adam yang keturunannya masih hidup. Sehingga manusia setelahnya adalah keturunan beliau.


Adam ‘alaihis salam. Beliau manusia pertama dan bapak selluruh manusia seperti yang kita kenal bersama.

Imam Syafi’i: Jadilah pribadi yang tegar menghadapi goncangan hidup Dengan sifat pemaaf dan tepat janji sebagai pegangan hidup


”Hai manusia, sembahlah Tuhanmu Yang telah menciptakanmu dan orang-orang yang sebelummu, agar kamu bertakwa” [QS. Al-Baqarah : 21]

Barangsiapa mendatangi tukang ramal, lalu menanyakan kepadanya sesuatu & ia membenarkannya, maka tidak diterima shalatnya 40 malam. (Muslim)

“Siapa yang menunjukkan kebaikan (pada oranglain), maka ia (mendapatkan pahala) seperti (pahala) orang yang melakukannya”. (HR Muslim 1893)
apa saja yang Allah kehendaki pasti terjadi, dan apa saja yang tidak Dia kehendaki pasti tidak akan terjadi.


Barangsiapa mendatangi tukang ramal, lalu menanyakan kepadanya sesuatu & ia membenarkannya, maka tidak diterima shalatnya 40 malam. (Muslim)

Dan bersegeralah kepada ampunan dari Tuhanmu dan surga yang seluas langit dan bumi yg disediakan untuk orang-orang yang bertakwa. (QS 3:133)

Ibrahim al Maqdisi: Perbanyak baca Quran & jgn pernah tinggalkan, sungguh segala keinginanmu kan dimudahkan sekadar bacaan Quran yg kau baca

Dan makan dan minum tetapi janganberlebihan, karen sesungguhnya Dia tidak mencintai orang-orang yang boros (berlebihan) (QS. Al-A’raaf: 31).

“Ya Allah, jangan jadikan dunia tujuan terbesar kami dan puncak ilmu kami.”

Jagalah hapalan alQur`an, demi Allah yang diriku berada di tanganNya, sungguh ia lebih cepat terlepas daripada unta dari ikatannya [Bukhari]

“Bertakwalah kepada Allah sesuai dengan kemampuanmu” [At Taghabun:16]

Allah adalah penolong bagi orang-orang yang beriman, Allah mengeluarkan mereka dari kegelapan-kegelapan menuju cahaya, (QS al-Baqarah: 257)

Sesungguhnya, bersyukur akan menambah kenikmatan Allah dan perbanyak doa. karena kamu tidak mengetahui kapan doamu akan terkabul. (Thabrani)

Kehidupan dunia itu tidak lain hanyalah kesenangan yang memperdayakan. [Ali Imrân:185]

“Sungguh aku akan mengajarkanmu surat yang paling agung dalam Al Qur’an sebelum engkau keluar dari masjid”. Yaitu Al Fatihah”. (Bukhari)

Muslimin hendaknya tidak terpaku pada rizki duniawi, sehingga ketika menghadapi terpaan-terpaan duniawi, tidak menjadi gundah dan gelisah.

Barangsiapa menikah, maka ia telah melengkapi separuh imannya. (Thabrani-Shahih)

Manusia itu sering berdoa keburukan untuk orang lain ketika sedang marah. "Dan manusia bersifat tergesa-gesa." [al-Isrâ’:11]


0 komentar:

Posting Komentar