Sabtu, 10 Agustus 2013

0 @sabdarosul


Lalu datanglah sesudahnya, pengganti yg menyia2kan shalat dan menuruti hawa nafsunya, maka mereka kelak akan menemui kesesatan. (Maryam; 59)

Sesungguhnya kehidupan dunia ini hanyalah kesenangan [sementara] dan Sesungguhnya akhirat Itulah negeri yang kekal.” [QS. Al Mu’min: 39]

Jangan mendahului Imam Tidakkah takut org yg mengangkat kepalanya sblm imam, bahwa Allah akan mengubah kepalanya mjd kepala keledai (Muslim)

Sesungguhnya org2 yg beriman & beramal saleh, kelak Allah yang Maha Pemurah akan menanamkan dalam hatinya rasa kasih sayang. (QS. Maryam:96)

Siapa yang melakukan shalat Subuh berjamaah, maka dia sama seperti manusia yang melakukan shalat malam sepanjang waktu malam itu. (Muslim)

Barang siapa yang mempersekutukan Allah, Maka sungguh ia telah berbuat dosa yang besar.” (QS. An Nisa : 48)

Wasiat yg diwariskan kaum terdahulu antara lain, apabila rasa malu anda telah hilang, maka silahkan lakukan segala yg anda mau [Bukhari]

“Dan (orang-orang yang beriman) adalah orang-orang yang melalui malam hari dengan bersujud dan berdiri untuk Rabb mereka.” [Al-Furqan: 64]

“Jika kamu mendatangi tempat tidurmu maka wudhulah seperti wudhu untuk shalat, lalu berbaringlah pada sisi kanan badanmu.” [Bukhari]

“Sayangilah –makhluk– maka kamu akan disayangi Allah, dan berilah ampunan niscaya Allah mengampunimu.” (Shahih Al-Adab Al-Mufrad no. 293)
“Dan katakanlah kepada wanita yang beriman: “hendaklah mereka menahan pandangannya, dan memelihara kemaluannya” (An Nur : 31)
“Berdirilah karena Allah (dalam shalatmu) dengan khusyu’ (Al baqarah : 238)

Ada surat Alqur’an, terdiri dari 30 ayat, Surat itu dapat membela ‘temannya’ shg memasukkannya ke surga, yaitu: Surat Tabarok“. (Thobaroni)

Istiqamahlah !!! Janganlah kalian takut dan jangan sedih, dan bergembiralah dengan surga yang dijanjikan kepada kalian. (QS. Fusshilat : 30)

“Tidaklah bersyukur kepada Allah, orang yang tidak berterima kasih kepada manusia (yang berjasa padanya)”. [HR Abu Daud (4811)]

Imam Syafi’i: Jangan panik dengan kelamnya bencana Karena bencana dunia tidaklah akan selamanya

“Kalian tidak berdosa untuk men-qoshor sholat, jika kalian takut diserang oleh musuh yang kafir‘ (an-Nisa’:101) dalam ketakutan boleh Qashar

Ibnu Abbas: Maksiat akan menimbulkan hitamnya wajah, gelapnya hati, lemahnya badan, berkurangnya rizki, dan kebencian di hati makhluk.

Sungguh… Ditusuknya kepala darimu dengan jarum dari besi lebih baik baginya dibandingkan menyentuh wanita yg tidak halal baginya. (Thabrani)

Jalan Keselamatan Jagalah lisan engkau, hendaknya engkau merasa lapang dgn rumahmu, & tangisilah kesalahanmu. [HR Tirmidzi]

Ya Allah, berkahilah umatku pada waktu paginya. (HR. Abu Dawud, Tirmidzi, dan Ibn Majah)

“Tidak dikatakan bersyukur pada Allah bagi siapa yang tidak tahu berterima kasih pada manusia.” (HR Abu Daud no. 4811) “Jazakallahu khoiran”

Bahwa tidak ada Allah yang berhak diibadahi selain Engkau Maha Suci Engkau, sesungguhnya aku termasuk orang2 yang zalim. (QS. Al-Anbiya: 87)

“Sesungguhnya orang yang mengingkari ayat-ayat Kami, mereka tidak tersembunyi dari Kami” (Fushshilat: 40)

“Jika mereka bertaubat, mendirikan shalat, dan menunaikan zakat, maka (mereka adalah) saudara-saudaramu seagama” [QS. At-Taubah : 11].

Katakanlah (kepada orang kafir itu) : “Siapakah Tuhan langit dan bumi?” Jawabnya “Allah.” [QS. Ar-Ra’d : 16].

Sesungguhnya orang2 kafir, sama saja baginya, kamu beri peringatan atau tidak kamu beri peringatan, mereka tidak juga akan beriman (QS 2: 6)

Tiada suatu ucapanpun yang diucapkan (seseorang) melainkan ada di dekatnya malaikat pengawas yang selalu hadir” [QS. Qaaf : 16-18].

Kitab (Al Quran) ini tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi mereka yang bertakwa, (QS: Al-Baqarah Ayat: 2)

Dan jika ada 100 orang yang sabar diantaramu, maka mereka dapat mengalahkan seribu orang-orang kafir. [Al Anfal:65] Perbaiki Kesabaran kita

Allah sekali-kali tidak menjadikan bagi seseorang dua buah hati dalam rongganya. [Al-Ahzab:4].

“Dan Kami lebih dekat kepadanya daripada urat lehernya” [QS. Qaaf : 16].
Dan jika Allah menghendaki kebaikan bagi kamu, maka tak ada yang dapat menolak kurnia-Nya” (QS. Yunus: 107)


Bisyr ibnul Harits: “Janganlah engkau beramal untuk diingat. Sembunyikanlah kebaikan sebagaimana engkau menyembunyikan keburukan.”

Sesungguhnya orang yang beriman dan beramal saleh, kelak Allah yang Maha Pemurah akan menanamkan dalam hatinya rasa kasih sayang (Maryam:96)

Barangsiapa yang membunuh orang kafir mu’ahad (ada perjanjian damai dgn kaum muslimin) maka dia tidak tidak akan mencium bau surga [Bukhari]

Wahai orang-orang yang beriman, janganlah kalian saling memakan harta sesamamu dengan cara yang bathil (an-Nisâ/4:29-30)

“Barangsiapa yang berbuat riya, maka Allah akan menyingkap niat busuknya itu di hadapan manusia” (HR. Muslim).

“Dan Allah berfirman: “Berdoalah (langsung) kepada-Ku, niscaya akan Kukabulkan” (QS. Al Mu’min: 60)

”Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semua itu akan diminta pertanggungjawabannya “. QS Al-Isra’ 36.

“Dan berpeganglah kamu semuanya kepada tali Allah dan janganlah kamu bercerai berai“. (QS Ali Imran : 103).

”...dan (Dialah Tuhan) Yang amat kuinginkan akan mengampuni kesalahanku pada hari kiamat”. (QS Asy-Syuara ayat 8)

“Hanya saja yang aku khawatirkan atas umatku adalah para pemimpin (baca: tokoh) yang menyesatkan.” (HR. Ahmad)


“Celakalah orang-orang yang shalat, yaitu orang yang lalai dalam shalatnya (menunda-nunda sehingga keluar dari waktunya).” (Al-Ma’un : 4-5)

Kejelekan apapun yang menimpa kalian adalah dari diri kalian sendiri)) -An-Nisaa': 79

“Dan mereka senantiasa berselisih kecuali orang yang Allah rahmati”. (Hud : 118-119).

“Ya Tuhanku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku”. (QS. Thaha:25-26)

“Barang siapa diantara kalian yang mampu untuk memiliki amal sholeh yang tersembunyikan maka lakukanlah !” (As-Shahihah no 2313)

“Orang yang terlewat (tidak mengerjakan) shalat ashar, seolah-olah dia telah kehilangan keluarga dan hartanya.” [HR. Bukhari no. 552)

Atau siapakah yang mengabulkan doa orang yang dalam kesulitan apabila ia berdoa kepada-Nya, dan yang menghilangkan kesusahan? (QS AnNaml:62)

Musibah apa pun yang menimpa kalian adalah diakibatkan perbuatan tangan-tangan kalian. Dan Allah banyak memaafkan)) -Asy-Syuura:30-

Hai org2 beriman, jika diseru sholat di hari Jum’at, maka segeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual-beli. [Al Jumu’ah: 9]

Wahai kaum muslimin, sesungguhnya saat ini (jum’at) adalah hari yang dijadikan oleh Allah sebagai hari raya untuk kalian.(HR Tabrani)

“Tidak adalah kejadian kiamat itu, melainkan seperti sekejap mata atau lebih cepat (lagi).” (QS. An Nahl: 77)

Janganlah kalian berpuasa pada hari Jumat, kecuali jika telah berpuasa sehari sebelumnya atau akan puasa sehari setelahnya. (Bukhari)

“Telah pasti datangnya ketetapan Allah maka janganlah kamu meminta agar disegerakan (datang) nya.” (QS. An Nahl)

Hari terbaik saat matahari terbit adalah hari Jumat. Di hari itu, Adam diciptakan; di hari itu, Adam dimasukkan ke surga. (Muslim)

Allah akan mengangkat orang-orang yang beriman diantara kaliyan dan orang-orang yang diberi ilmu dengan beberapa derajat . (Al-mujadalah 11)

“Shalat yang dirasakan paling berat bagi orang-orang munafik adalah shalat isya dan shalat subuh. [Bukhari no. 141]

“Tidak boleh seorang dari kalian mengambil barang saudaranya, baik bercanda maupun serius.” (HR. Abu Daud no. 5003)

Wahai para muslimah! Janganlah salah seorang di antaramu meremehkan pemberian tetangganya walau pemberiannya hanya kaki kambing. (Bukhari)

“Celakalah orang yang berbicara kemudian dia berdusta agar suatu kaum tertawa karenanya. Kecelakaan untuknya. (2X)” (HR. Abu Daud no. 4990)

“Dan janganlah kamu berjalan di muka bumi dengan angkuh.” (QS. Lukman: 18).

“Apakah mereka tidak merenungi Al-Qur’an, ataukah pada hati mereka itu ada gembok-gemboknya?” (QS. Muhammad: 24)

“Siapa yang menolong saudaranya dalam kebutuhannya, maka Allah pun akan menolongnya dalam kebutuhannya” (HR. Bukhari no. 2442)

“Janganlah meremehkan kebaikan sedikit pun walau hanya berbicara kepada saudaramu dengan wajah yang tersenyum kepadanya. (Abu Daud no. 4084)

“Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong lagi membanggakan diri.” (QS. Lukman: 18)

Dan Kami turunkan kepadamu adz-Dzikr menjelaskan kepada manusia apa yang diturunkan kepadanya itu, dan mudah2an mau berpikir. (QS anNahl:44)

“Hanya kepada Engkaulah kami beribadah, dan hanya kepada Engkaulah kami meminta pertolongan” (QS. Al Fatihah: 5)

“Jika Allah menimpakan sesuatu kemudharatan kepadamu, maka tidak ada yang dapat menghilangkannya kecuali Dia” (QS. Yunus: 107)

“Allah, tidak ada sesembahan yang berhak disembah selain Dia.Yang hidup kekal serta terus menerus mengurus makhluk-Nya” (QS. Al Baqarah:255)

“Dan jika setan mengganggumu dengan suatu gangguan, maka mohonlah perlindungan kepada Allah. (QS. Fushilat: 36)

“Demi diriku yang berada di tangan-Nya, sesungguhnya ia (Surat al ikhlas) mengimbangi sepertiga al-Qur’an.” (HR. Al-Bukhari 4726)

“Apabila seorang hakim menghukumi satu perkara, lalu berijtihad dan benar, baginya dua pahala.” (HR. Bukhari dan Muslim)


Barangsiapa yang bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan ke luar [at Thalâq/65:2]

“Lalu barang siapa yang mengikut petunjuk-Ku, ia tidak akan sesat dan tidak akan celaka”. (QS. Thaha: 123)

Ibnu Mas’ud: Siapa yang ingin mengetahui seseorang mencintai Allah dan Rasul-Nya, maka perhatikanlah apakah dia mencintai Al Quran.

Dan (Siapa saja yang bertakwa kepada Allah niscaya Dia) memberinya rezeki dari arah yang tiada dia sangka-sangka. [Ath-Thalaq:3]

As-Si’dy: Yaitu malaikat menjaga badan dan ruh mereka dari siapa saja yang menghendaki kejelekan padanya, juga menjaga amalan-amalan mereka.

Bagi manusia, ada malaikat-2 yg selalu mengikutinya bergiliran, di muka & di belakangnya. mereka menjaganya atas perintah Allah [ArRa’d:11]

Apakah mereka tdk merenungi alQur’an, jk ia datang bukan dari Allah pasti akan menemukan di dalamnya banyak sekali perselisihan. (QS4 : 82)

“Siapa saja yang bertakwa kepada Allah, niscaya Dia akan mengadakan jalan keluarbaginya. [Ath-Thalaq: 2]

“Jagalah Allah, niscaya Allah akan menjagamu. Jagalah Allah niscaya engkau menemukan (Allah) dihadapanmu.” [Ahmad dan At-Tirmidzy]

Tiada suatu bencanapun yang menimpa di bumi dan (tidak pula) pada dirimu melainkan telah tertulis dalam kitab (Lauhul Mahfuzh) (QS.57:22)

Demikianlah, agar Kami memalingkan darinya kemungkaran dan kekejian. Sesungguhnya Yusuf itu termasuk hamba2 Kami yang terpilih [Yûsuf: 24]

Beri ma’aflah kami; ampunilah kami; dan rahmatilah kami. Engkaulah Penolong kami, maka tolonglah kami terhadap kaum kafir. [Al Baqarah:286]

“Dan apabila orang-orang jahil menyapa mereka, mereka mengucapkan kata-kata (yang mengandung) keselamatan. ” (QS. Al Furqon: 63).

Lakukanlah ziarah kubur, krn ia akan mengingatkan “KEMATIAN”. HR. Muslim]

“Wahai Abdullah, janganlah engkau menjadi seperti si fulan, ia dahulu mengerjakan sholat malam, lalu ia meninggalkannya” (HR Bukhari III/31)


0 komentar:

Posting Komentar